Prosedur Pembuatan STNK Yang Hilang

Artikel ini masih berkaitan dengan artikel sebelumnya tentang Prosedur Pembuatan SIM Yang Hilang, karna pada saat yang sama Penulis juga kehilangan sebuah STNK sepeda motor. Mengapa dipisah dengan artikel sebelumnya?, alasannya supaya tidak membingungkan karna ada sedikit perbedaan dalam syarat berkas2nya dan juga dalam hal biaya selama pengurusannya.

Oke langsung saja dengan syarat-syarat yang perlu kita siapkan dalam pembuatan STNK yang hilang (yang hilang ya bukan yang perpanjang), ini yang perlu kita lengkapi :

  1. KTP asli pemilik STNK
  2. Fotocopy KTP poin 1 sebanyak selembar
  3. Fotocopy Kartu Keluarga sebanyak selembar
  4. BPKB asli kendaraan bermotor yang terkait
  5. Fotocopy BPKB sebanyak dua lembar
  6. Surat Kuasa (optional jika kita mengurus STNK atas nama orang lain)
  7. Surat Keterangan Hilang dan Berita Acara Kehilangan (BAP) dari Polsek/Polres terdekat, nanti difotocopy satu rangkap (pungli 10rb)
  8. Surat Rekomendasi dari Polres bagian BAUR Tilang (pungli 15rb)
  9. Surat Pemberitaan dari Station Radio yang telah ditunjuk (bayar 10rb)
  10. Surat Keterangan Cek Fisik Kendaraan (akan diberikan stiker khusus oleh petugas), (pungli 20rb)
  11. Formulir Permohonan Pembuatan STNK yang hilang

Dan inilah tahap demi tahap prosedur bagaimana mengurus STNK kita yang hilang sampai selesai, sampai STNK itu di printout :

  1. Pertama-tama beli map dulu lah dengan warna kesukaan, trus masukan berkas dari nomor 1-6 kedalamnya, kasih paper klip biar gak berserakan.
  2. Tahap kedua bawa berkas yang sudah kita siapkan (syarat nomor 1-6) tadi ke Polsek/Polres terdekat guna mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan dan Berita Acara Kehilangan (BAP). Di tahap ini kita akan ditanya oleh seorang penyidik tentang bagaimana proses kejadian kehilangan STNK tersebut. Gak usah takut jawab aja seperlunya. :D
  3. Setelah ditanya oleh penyidik (waduh kyk KPK aja) bawa itu Surat Keterangan Kehilangan dan BAP-nya kebagian yang telah ditentukan oleh penyidik tadi guna mendapatkan semacam nomor registrasi yang ditulis tangan. Klo disuruh bayar ya nurut aja tapi klo gak disuruh ya diem aja biar uang kita aman sedikit. Akakakakak…
  4. Selanjutnya fotocopy Surat Keterangan Kehilangan dan BAP-nya yang telah selesai satu rangkap. Trus siapkan motor untuk meluncur ke kantor SAMSAT dengan membawa berkas-berkas kita yang sudah lengkap sekitar 85% ditahap ini.
  5. Ooopppsss sebelum ke kantor SAMSAT kita terlebih dahulu pergi ke sebuah Station Radio yang telah ditunjuk untuk mendapatkan sebuah Surat Keterangan Pemberitaan. Gak tau ini wajib apa bukan tapi ikutin ajalah prosedurnya….?
  6. Di kantor SAMSAT kita diminta untuk kebagian cek fisik kendaraan, serahkan semua berkas kita pada loket yang ditunjuk dan kita akan dikasih semacam stiker khusus. Trus Jangan lupa kendaraan bermotor yang akan kita cek fisiknya diparkir dulu ditempat khusus pemeriksaan fisik kendaraan. Tunggu sebentar sampai petugasnya keluar untuk mengesekkan nomor rangka dan nomor mesin pada stiker yang diberikan tadi kepada kita sebelumnya.
  7. Bawa stiker tadi ke loket yang sama, hati-hati robek karna itu cukup lengket ditangan. Nah ditahap ini kita akan diberikan Surat Keterangan Cek Fisik Kendaraan (disurat inilah stiker tadi ditempelkan oleh petugasnya). Klo petugasnya minta bayaran kasih aja gak usah banyak komplain biar urusannya lebih cepat. :D
  8. Trus bawa deh semua berkas yang udah lengkap sekitar 90 persen itu ke tempat yang telah ditunjuk sama petugas cek fisik tadi, ya kita harus proaktif untuk bertanya biar kita gak bingung nantinya. Setelah menunggu beberapa menit nama kita akan dipanggil dan diberikan selembar Formulir Permohonan yang harus kita isi. Semua berkas kita tadi bakal dikembalikan semuanya mungkin maksudnya biar gak ketukar ama berkas pemohon yang lainnya.
  9. Ya disiilah Gan formulir tadi sesuai dengan data yang tertera pada BPKB yang kita bawa. Sambil ngopi mungkin juga gak apa-apa. :D
  10. Kembalikan Formulir tadi ke petugas yang sama dimana kita mendapatkan Formulir tadi beserta berkas kecuali kedua berkas asli kita seperti KTP dan BPKB.
  11. Setelah menunggu beberapa menit kita akan dipanggil kembali untuk mendapatkan sebuah nomor antrian.
  12. Menunggu lagi sampai nomor antrian kita disebutkan dan bawa ke loket pembayaran yang telah ditunjuk guna mendapatkan resi pembayaran. Disinilah dompet kita akan terkuras begitu dalam. :’(
  13. Trus menunggu lagi sampai jenggotan sampai panggilan berikutnya dimana STNK kita itu siap untuk diambil
  14. Ditahap ini kita disuruh mengisi Buku Besar, ikuti aja petunjuk gimana cara mengisinya, ini cuma menulis nomor polisi kendaraan yang terkait beserta nama pemiliknya. Setelah tanda tangan dibuku besar, kita sudah bisa pulang dengan membawa sebuah STNK baru sebagai ganti dari STNK kita yang hilang.
  15. Ya lagi-lagi ditahap ini atau tahap terakhir yang sangat wajib yaitu makan siang biar maag kita gak kambuh. :D

Yah mungkin segitu saja penjelasan bagaimana prosedur pembuatan STNK yang hilang berdasarkan dari pengalaman dari Penulis sendiri. Untuk informasi berapa biaya total pembuatan yang akan dihabiskan selama pengurusannya mulai dari biaya resmi dan biaya pungli yaitu sekitar Rp. 266rb rupiah.

Semoga bermanfaat bagi pembaca yang memerlukan informasi sederhana ini karna penulis pun sempat kebingungan tentang prosedurnya dan memutuskan untuk mencari di internet. Namun tulisan di artikel ini dibawakan sendiri menurut pengalaman penulis dilapangan bukan hasil copy paste dari blog tetangga. Info ini pun mungkin hanya berlaku pada wilayah Kalimantan Timur, untuk daerah lain mungkin terdapat sedikit perbedaan, tergantung pada kita sendiri untuk proaktif bertanya pada petugas yang terkait.

Thanks dan mohon koreksi dan komentarnya, hehe :D

About these ads

About Angkasa

biasa aja, hanya seseorang yang mempunyai otak yang lugu

Posted on October 17, 2012, in My Publish and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 453 other followers

%d bloggers like this: